Domain Organisasi (.org) Itu Ga Sembarangan!


Nama domain adalah domain tingkat atas umum (gTLD) dari Sistem Nama Domain (DNS) yang digunakan di Internet. Nama ini terpotong dalam organisasi. Domain ini awalnya ditujukan untuk entitas nirlaba, tetapi dioperasikan oleh daftar kepentingan umum tetapi tidak diterapkan.

Domain Organisasi (.org) Itu Ga Sembarangan!

Domain ini umumnya digunakan oleh sekolah, proyek open source dan komunitas, tetapi juga oleh beberapa entitas nirlaba. Jumlah domain yang terdaftar dalam organisasi telah meningkat dari kurang dari satu juta pada 1990-an menjadi sepuluh juta pada Juni 2013.

Domain ".org" adalah salah satu domain asal tingkat pertama, dibuat pada Januari 1985 dengan com, us, edu, gov, millet, dan net. Awalnya ditujukan untuk organisasi nirlaba atau organisasi non-komersial yang tidak memenuhi persyaratan untuk gTLD lainnya.

MITER Corporation adalah kelompok pertama yang mendaftarkan domain organisasi dengan mitre.org pada Juli 1985. Sejak 1 Januari 2003, TLD telah dioperasikan oleh Public Interest Registry, yang menerima tugas-tugas VeriSign Global Registry Services. pembagian Verisign.

Pendaftaran subdomain diproses oleh pendaftar terakreditasi di seluruh dunia. Siapa pun dapat mendaftarkan domain tingkat kedua di organisasi tanpa batasan. Dalam beberapa kasus, subdomain juga digunakan oleh situs komersial, seperti craigslist.org.

Menurut laporan dashboard ICANN (nama domain), komposisi TLD bervariasi: lembaga budaya, asosiasi, tim olahraga, organisasi keagamaan dan organisasi sipil, proyek perangkat lunak sumber terbuka, sekolah, inisiatif lingkungan, organisasi sosial dan persaudaraan, organisasi kesehatan, layanan. benar, serta klub dan kelompok sukarelawan komunitas. Dalam beberapa kasus, subdomain telah dibuat untuk manajemen krisis. Beberapa kota, termasuk Rybnitsa di Transnistria) juga memiliki nama domain org.

Meskipun organisasi di seluruh dunia dapat mendaftarkan subdomain, banyak negara, seperti Australia, Bangladesh (bd), India (dalam), Kanada, Turki (tr), Somalia (selesai), Sierra Leone (sl), Jepang, Bolivia, Uruguay (uy). Rusia (ru), dan Inggris Raya Inggris (UK) telah membangun domain tingkat kedua dengan tujuan serupa di bawah ccTLD mereka. Domain tingkat kedua ini biasanya bernama org atau atau.

Pada tahun 2009, domain organisasi mencakup lebih dari 8 juta nama domain terdaftar, 8,8 juta pada 2010, dan 9,6 juta pada 2011. Register minat publik mendaftarkan domain .ORG hingga sepuluh juta pada Juni 2012.

Ketika .org 9,5 juta didaftarkan pada Desember 2011, .org menjadi gTLD terbesar ketiga. Untuk IDN Jerman, Denmark, Hongaria, Islandia, Korea, Latvia, Lithuania, Polandia dan Swedia, ini telah dimungkinkan sejak 2005. Pendaftaran IDN dalam bahasa Spanyol dimungkinkan sejak 2007.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel